-->
Type Here to Get Search Results !

Permigastara Energi Baru Indonesia

MENGAKHIRI bulan November 2021, tak terasa prosesi maraton pelantikan tiga Dewan Pimpinan Kabupaten/Kota Perkumpulan Pengusaha Migas Energi Baru & Terbarukan Nusantara (PERMIGASTARA) yaitu Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir, oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) telah paripurna.

Tiga Daerah ini menjadi penting, dan bernilai strategis karena wilayah kerja Blok Rokan dimana PT Pertamina Hulu Rokan beroperasi. Tiga Daerah ini pula yang selama ini menjadi daya tarik dan menjadi segitiga emas ekonomi di Provinsi Riau. Di tiga daerah ini pula Rudi Arief mewakili manajemen PT PHR selalu hadir.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peri Akri, SE, MM dalam setiap sambutan pelantikan, terus menegaskan tiga fokusnya sebagai narasi mahadaya Permigastara yaitu tentang ketakterbatasan, akses adalah aset utama, dan kita adalah apa yang kita pikir.

"Kita fokus pada tiga hal, pertama, jangan sampai keterbatasan kita membatasi diri kita apalagi orang lain, pandemi tidaklah membatasi, dunia seisinya harus berjalan, ekonomi harus tumbuh. Kedua, terlalu kuat kita untuk dilemahkan, terlalu tinggi, untuk direndahkan dan terlalu besar untuk dikecilkan. Di era globalisasi, akses adalah aset utama. Ketiga, kita adalah apa yang kita pikir," ujar Peri Akri dalam sambutannya di Negeri Seribu Kubah, Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (30/11/21).

Selaras dengan itu, mimpi besar Permigastara adalah ingin menjadi rumah besarnya energi Indonesia. Mimpi ini tak berlebihan sebab dalam catatan sejarah, dan itu tak bisa dilupakan bahwa Provinsi Riau pernah memproduksi minyak satu juta barrel per hari tahun 1970-an di era Oilboom.

Dan titik energi itu sejatinya berawal dari Kota Duri. Kota energi, Negeri yang menghidupi Negeri. Dua lapangan minyak raksasa, yang pernah dimiliki Indonesia, yaitu ladang minyak Minas dan Duri, dulu berada di wilayah Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, terbentang dari Minas hingga Duri Tigabelas.

Langkah DPN Permigastara memulai dari Provinsi Riau, memulai dari Kota Duri, sudah sangat tepat. Langkah yang tidak melupakan sejarah. Dan akan tercatat dalam sejarah. Jasmerah.

Nama dan Logo Permigastara, menggambarkan nyala dan semangat yang luar biasa. Cita-cita luhur menjaga kedaulatan energi Indonesia.

Semoga, Permigastara menjadi energi baru Indonesia.***


Oleh Agung Marsudi, Duri Institute
Duri, 1 Desember 2021
Baca Juga