-->
Type Here to Get Search Results !

Penghijauan, Tol Pekanbaru-Dumai Terbanyak Ditanami Pohon

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Sebanyak 34.310 batang pohon ditanam di sejumlah ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Jumlah pohon yang ditanam ini terbanyak diantara ruas jalan dan rest area yang baik di Jawa maupun Sumatra. 

Demikian dikatakan Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono, Jumat (17/12/21). Menurut Dwi lagi, penghijauan yang dilakukan di ruas tol yang dikelola merupakan salah satu tanggung jawab sosial dan lingkungan dari perusahaan yang harus terus dilestarikan.

"Untuk pelestarian. Penanaman pohon terbanyak di ruas tol Pekanbaru-Dumai," kata Dwi.

Penanaman pohon terbanyak berikutnya di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang - Kayu Agung. Yakni sebanyak 12.450 pohon. Kemudian, 4795 pohon di Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar, 1500 pohon di ruas Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S), 1100 pohon di Ruas Sigli Banda - Aceh, masing-masing 850 pohon di Ruas Medan - Binjai dan Ruas Palembang - Indralaya, dan 660 pohon di Ruas Akses Tanjung Priok (ATP). 

Lanjut Dwi, khusus di Sumatera pohon-pohon yang tertanam tersebut, Hutama Karya berkolaborasi dengan Djarum Foundation untuk menanam jutaan pohon di sepanjang 2.818 KM ruas yang ada di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Adapun jenis pohon yang tertanam diantaranya yaitu trambesi, mangga, akasia, rambutan, cabai, jeruk kasturi, nangka, pinang, tabebuya, pucuk merah, tanaman bougenvil dan ketapang. Pohon-pohon tersebut terbagi di seluruh ruas tol Hutama Karya yang telah beroperasi. 

“Seremonial penanaman pohon dengan Djarum Foundation kami lakilukan pada Rabu (8/12/21) lalu di Rest Area KM 87 Jalur B, dimulai dengan menanam pohon trambesi sebanyak 15.000 pohon di tahun ini dan tahun depan,” ujarnya. (Red/Pas)
Baca Juga