Type Here to Get Search Results !

Misuri Sikkap Bangkinang Dilantik, Pemda Serahkan Alat Kesenian Sunda

KAMPAR (AktualBersuara.Com) - Mitra Sunda Riau (MISURI) menggelar serah terima alat kesenian tradisional sunda dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pariwisata Kepada Paguyuban MISURI di Sekretariat MISURI Kabupaten Kampar, di KM 04 Desa Kumantan, Bangkinang Kota dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, Kamis (23/12/2021).

Dalam acara serah terima alat kesenian tradisional sunda ini juga digelar pelantikan pengurus MISURI SIKKAP (Silahturahmi Kakaluwargaan Pasundan) Kota Bangkinang Tahun 2021-2026 yang terdiri dari Kecamatan Bangkinang Kota, Bangkinang, Salo, Kuok, dan Kampar yang dilantik oleh Ketua MISURI Kabupaten Kampar, Saepi Hidayat S.Pd. 

MISURI SIKAP Bangkinang Kota dinakhodai Sulaeman Mari SE, Waka Nandang S, Sekretaris Ikin S, dan Bendahara Rahmat H.

Ketua MISURI Kabupaten Kampar, Saepi Hidayat S.Pd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kampar yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Sunda dikabupaten Kampar.

“Terima Kasih Pemda Kampar yang telah memberikan Alat Kesenian Tradisional seperti angklung beserta seperangkat alat jaipongan,” kata Kang Saepi.

Kemudian Ia menyampaikan bahwa MISURI SIKAP Bangkinang Kota merupakan bagian dari MISURI Kabupaten Kampar dan MISURI Provinsi Riau. 

“MISURI SIKAP agar Lebih memajukan kesenian agar kita bisa berkolaborasi bersama paguyuban yang lain serta srikandi-srikandi yang lainnya untuk bersama-sama memajukan Kabupaten Kampar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua MISURI SIKAP Bangkinang Kota sekaligus Ketua Panitia, Sulaeman Mari, SE yang telah dilantik dalam sambutannya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh paniti penyelenggara yang telah mensukseskan acara ini mulai dari awal hingga akhir.

“Insyaallah nanti di awal tahun 2022 nanti kami akan melaunching salah satu aplikasi karya anak bangsa yang akan membantu para dulur-dulur yang masih
menganggur dan para warga kota bangkinang khusunya UMKM yang dapat mempromosikan produknya pada aplikasi ini nantinya,” katanya.

Ia mengatakan aplikasi ini di rancang untuk menampung semua jenis usaha yang ada di kabupaten kampar yang mana aplikasi ini kami beri nama JAJAP INDONESIA dengan teklane JAJAPIN AJA !!.

Sementara itu, Bupati Kampar yang diwakili Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Jhon Mainir dalam sambutannya mengatakan Bupati berkomitmen, dalam anggaran 2021 kita telah memasukkan alat kesenian ini.

“Pemda Kampar telah mengagendakan pekan budaya, kita laksanakan jika diizinkan oleh regulasi yang ada karena dimasa pandemi ini. Juga akan kita pentaskan, tapi bukan bentuk perlombaan. Kita akan menampilkan Kampar ini jadi miniatur Indonesia, semuanya akan kita akomodir,” kata Jhon.

Disampaikannya juga agar Keberagaman jadi hikmah di Kabupaten Kampar ini dan saling bersinergi demi membangun Kabupaten Kampar yang lebih baik.

Ia berharap MISURI agar Berperan Aktif. Disampaikannya alat kesenian tradisional Ini adalah bantuan hibah untuk paguyuban yang telah memenuhi segala aspek regulasinya dan agar dipergunakan semaksimal mungkin dan sebaik baiknya.

Tampak hadir dalam Acara ini, Bupati Kampar yang diwakili Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Jhon Mainir, Burhanudin Husin, Ketua MISURI Provinsi Riau, H.E.M Surachmat,SH,MH beserta rombongan, Pengurus MISURI Kabupaten Kampar, Pengurus MISURI Kabupaten Siak, serta para tamu undangan lainnya. (Red/Rio)
Baca Juga

Below Post Ad