-->
Type Here to Get Search Results !

Hujan Deras Sebabkan Banjir di Rokan Hulu, Ratusan Warga Mengungsi

ROHUL (AktualBersuara.Com) - Hujan deras mengakibatkan sungai Rokan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau meluap. Akibatnya sekitar 600 Kepala Keluarga (KK) terendam banjir dan ratusan orang mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi.

Kepala BPDB Riau, Edy Afrizal menjelaskan, saat ini jumlah sementara rumah yang terendam banjir yakni di Desa Rambah Tengah Hulu berjumlah sekitar 300 kk, kemudian di Kelurahan Pasir Pengaraian berjumlah 150 kk, Desa Koto Tinggi 60 kk, desa Pematang Berangan 90 kk.

"Kemudian Desa Babussalam, masih tahap kordinasi karena air masih bertambah," kata Edy Afrizal, melalui keterangan tertulis, Sabtu (25/12/2021).

Kemudian ia mengungkapkan, untuk daerah Kelurahan Pasir Pengaraian dan Koto Tinggi, air sudah bertahan berkurang lambat, masyarakat sudah mulai membersihkan rumahnya.
Lalu, Desa Rambah Tengah Hulu, air masih bertahan dan masyarakat masih berada di tempat yang aman, dan belum bisa kembali ke rumah masing-masing. Daerah Desa Pematang Berangan dan Desa Babussalam, air masih bertambah lambat, dan merendam jalan raya sekitar 500 meter. 

Saat ini tim gabungan dari BPBD, serta TNI Polri masih melakukan evakuasi dan kajian lokasi. Untuk desa yang terdampak parah saat ini di Pawan, Desa Rambah Tengah Barat, Kabupaten Rohul.

"Sedangkan untuk jumlah yang terdampak masih tahap kordinasi dengan pihak desa. Banjir Pawan desa Rambah Tengah Barat akibat meluapnya sungai Pawan, ketinggian air mencapai 100 cm hingga 200 cm di permukiman warga. Saat ini Tim gabungan melakukan evakuasi warga ke tempat yang aman," jelasnya.

Edy mengatakan, untuk banjir di Kelurahan Pasir Pangaraian dan Koto Tinggi akibat meluapnya sungai Kaiti. Ketinggian air 60 cm hingga 90 cm di permukiman warga. 

Sementara, bantuan logistik yang disalurkan untuk banjir Rohul 25 Desember 2021 ini, adalah 100 goodie bag, 100 kotak Mi instant, 200 liter minyak goreng, 200 kg gula, dan 200 kaleng sarden. 

"Sebagian warga mengungsi ke rumah kerabat. Atas instruksi Pak Gubernur Riau Syamsuar, saya dan tim langsung turun ke lokasi," pungkasnya. ** (Red/Brt)
Baca Juga