-->
Type Here to Get Search Results !

Embrio Permigastara Lahir Dari Provinsi Riau

Fhoto: Gubernur Riau Syamsuar memberikan ucapan selamat kepada Permigastara.
NAMANYA enak didengar di telinga "PERMIGASTARA". Sebuah perkumpulan baru, wadah berhimpunnya para pengusaha migas, energi baru dan terbarukan Nusantara. Embrionya lahir di Riau, negeri yang dikenal kaya sumber energi. Bawah minyak, atas minyak. Untuk pertama kali para pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) juga putra-putra terbaik Riau, yang berkiprah di pentas nasional.

Permigastara lahir di saat yang tepat, Momentumnya selaras dengan isu strategis nasional, pentingnya energi baru dan terbarukan serta konservasi energi. Bila dirunut ke belakang, langkah pertama Permigastara luar biasa. Melantik kepengurusan di level kabupaten di tiga daerah, yaitu kabupaten Bengkalis (Duri), Dumai dan Rokan Hilir. Tiga daerah yang selama ini dikenal sebagai daerah penghasil migas yang signifikan secara nasional.

Apalagi kota Duri yang dikenal sebagai ladang minyak raksasa yang pernah dimiliki Indonesia, dengan teknologi steamflood terbesar di dunia.

Gayung bersambut. Dan semoga tidak hanya euforia. Enam bulan ke depan, meski terpotong kalender akhir tahun, program jangka pendek yang harus dilakukan oleh para pengurus (yang telah dilantik) adalah konsolidasi internal, berupa penguatan organisasi, membangun koneksitas dengan para pemangku kepentingan, membangun hubungan sinergitas dengan pemerintah daerah, serta menyusun action plan yang linier dengan kapasitas (core business) masing-masing anggota, serta membuat database.

Dengan program jangka pendek itu, kepengurusan di level kabupaten/ kota bisa berjalan dengan baik, sehingga bisa menjadi rule model, bagi daerah-daerah lain, meski mereka juga memiliki karakteristik dan keunikan daerah yang berbeda.

Fokusnya adalah apa, dan bagaimana. Bukan siapa, dapat apa? Dengan itu mesin organisasi dapat optimal berjalan, sesuai dengan budaya organisasi yang diyakini. Profesional dan berdaya, perlu diinterpretasikan dengan lebih jelas dan nyata.

Sebuah perkumpulan entitas bisnis yang didorong gelombang kesadaran baru, tahu dan menguasai substansi masalah, punya skema, punya tema yang tepat guna dan tepat sasaran, dan mampu menyusun strategi ke dalam praktek, ia akan tumbuh besar dan berkelanjutan.

Adagium, akses adalah aset utama, harus mampu mendorong para pengusaha anggota Permigastara tidak hanya bekerja, tapi juga berkarya untuk bangsa. Bekerja dan berkarya untuk keunggulan energi bangsa.

"Bravo Permigastara!"

Duri, 06 Desember 2021.
Penulis Agung Marsudi Sekretaris DPK Permigastara Kabupaten Bengkalis
bermastautin di Kota Energi, Duri.
Baca Juga