-->
Type Here to Get Search Results !

BUMDes Diharapkan Dapat Menggali dan Mengembangkan Potensi Desa Guna Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

KAMPAR (AktualBersuara.Com) - Para pengelola BUMDes se-Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar diharapkan dapat mengelola dan mengembangkan Bumdes secara baik dan sungguh-sungguh.

Keberadaan Bumdes diharapkan dapat menggali potensi dan mengembangkan potensi desa guna meningkatkan ekonomi masyarakat di desa masing-masing.

Demikian disampaikan Staf Ahli Gubernur Riau (Gubri) Bidang Pemerintahan, Hukum dan SDM, Yurnalis, S.Sos. M.Si saat memberikan materi pada Pelatihan bagi pengelola Bumdes SE Kecamatan Salo, (29/12/21) di aula kantor Kecamatan Salo. 

Para peserta pelatihan yang mengangkat tema "Optimalisasi Pengelolaan Bumdes SE Kecamatan Salo Tahun Ajaran 2021" tersebut, dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Salo.
 
Yurnalis juga menyampaikan harapan Gubri untuk menjadikan desa yang enterpreneur (desa yang wirausaha). Gubri juga ingin mewujudkan kawasan perekonomian desa yang inklusif, mandiri dan daya saing. Untuk mendukung desa enterpreneur dan harapan tersebut, Gubri melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi menyalurkan anggaran untuk modal Bumdes. Pada tahun 2019, Bankeu diberikan kepada setiap desa Se Provinsi Riau sebesar Rp. 200.000.000.

"Pada tahun 2020, Bankeu diberikan kepada setiap desa sebesar Rp. 85 juta. Dan  pada tahun  2021, Bankeu diberikan kepada setiap desa Se Provinsi Riau sebesar Rp. 100 juta," ungkap Yurnalis.
 
Sementara untuk 2022 nanti, nilai Bankeunya diberikan secara berpariasi. Tergantung dari peringkat Bumdes di masing-,masing desa. Berdasarkan Permendes Nomor 3 tahun 2021 tentang Pembinaan dan Pengawasan dan Pengembangan Bumdes, peringkat Bumdes terbagi kepada empat tingkatan, yakni tingkat Dasar, tingkat Tumbuh, tingkat Berkembang, dan tingkat Maju, ungkap Yurnalis.
 
Pantauan wartawan, para peserta terlihat antusias mendengarkan penjelasan dan motivasi dari mantan Kadis PMD Provinsi Riau tersebut. Yurnalis berhasil menarik perhatian peserta dengan membumbui materinya sembari berbagi pengalaman dengan sedikit gurauan yang menghibur peserta.
 
Seusai memberikan materi kepada para pengelola Bumdes SE Kecamatan Salo, Yurnalis langsung menuju Kecamatan Koto Kampar Hulu. Di aula Kantor Camat Koto Kampar Hulu, Yurnalis juga memberikan materi pelatihan kepada Kades, Ketua BPD, Pengawas dan Direktur Bumdes SE Kecamatan Koto Kampar Hulu.
 
Kepada para peserta pelatihan tersebut, Yurnalis berharap agar Bumdes Se Kecamatan Koto Kampar Hulu dapat menggali dan mengembangkan potensi desa. 

Keberadaan Bumdes diharapkan dapat memberikan manfaat guna peningkatan ekonomi masyarakat di desa masing-masing. (Red/Rio)
Baca Juga