-->
Type Here to Get Search Results !

Pertama di Sumatera, STIKes Al Insyirah Pekanbaru Dapat Sertifikat ISO

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Perkembangan sistem pendidikan di Indonesia memperlihatkan tingginya jumlah perguruan tinggi akademik maupun vokasi. Hingga tahun 2020 tercatat 4593 perguruan tinggi yang terdaftar di Ditjen Pendidikan Tinggi.

Hal ini menuntut perguruan tinggi memiliki kompetensi yang dapat bersaing dalam menjalankan organisasi pendidikan, termasuk penerapan standar terkait pendidikan.

Saat ini terdapat standar sistem manajemen organisasi pendidikan yang telah ditetapkan oleh BSN yaitu SNI ISO 21001:2018 yang merupakan adopsi dari ISO 21001:2018. Standar ini dapat digunakan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan kredibilitas organisasi. 

Kepala kantor layanan teknis BSN Riau, Juanda Reputra, menyampaikan bahwa sertifikat standar yang diperoleh organisasi dapat memberikan manfaat secara internal maupun eksternal. 

"Khususnya dengan penerapan standar sistem manajemen organisasi pendidikan ini diharapkan organisasi pendidikan dapat mencapai sasaran secara lebih efektif dan efisien," Kata Juanda.

Menurutnya, manfaat eksternal dengan adanya sertifikat standar ini yaitu dapat dijadikan nilai tambah dalam melakukan promosi atau kerjasama dengan pihak terkait. 

"Selamat kami sampaikan kepada STIKes Al Insyirah Pekanbaru karena berdasarkan data saat ini, STIKes Al Insyirah Pekanbaru merupakan perguruan tinggi pertama di wilayah Sumatera yang berhasil mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan ISO 21001:2018," ucapnya.

Acara seremonial penyerahan sertifikat secara daring dilakukan pada 6 Oktober 2021. Prosesi penyerahan sertifikat langsung diterima oleh Ketua STIKes Al Insyirah Pekanbaru Dr. Ns. Hj.Rifa Yanti S.Kep., M.Biomed dari pimpinan Lembaga Sertifikasi PT TUV NORD INDONESIA, Herdiansyah, selaku Vice President & Asia Cluster Head-OBS Food.

Dr. Ns. Hj.Rifa Yanti S.Kep M.Biomed menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan rasa bangga STIKes Al Insyirah Pekanbaru kepada seluruh civitas dan masyarakat, atas kepercayaan  memilih lembaga ini sebagai wadah menimba ilmu dan pengalaman.

"STIKes Al Insyirah Pekanbaru senantiasa menjadi kampus yang sehat, dalam hal ini penguatan tata kelola menjadi poin penting dalam mewujudkan Tri dharma Perguruan Tinggi," kata dia.

Dengan mendapatkan sertifikat ISO 21001:2018 diharapkan dapat mewujudkan peningkatan mutu pada seluruh unit secara berkelanjutan sehingga manfaat dapat dirasakan oleh civitas dan stakeholder. 

"STIKes Al Insyirah Pekanbaru mengucapkan terima kasih kepada pihak KLT BSN Riau yang telah memberikan bimbingan atas proses pencapaian sertifikasi ISO 21001:2018, serta kepada PT TUV NORD INDONESIA sebagai penyedia jasa sertifikasi," tuturnya. (Red/Pas)
Baca Juga