-->
Type Here to Get Search Results !

Gubernur Sumbar akan Hadiri Mubes IKMR Riau

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi menyatakan siap hadir pada pembukaan Musyawarah Besar (Mubes) IV Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Provinsi Riau yang akan digelar 12-13 November 2021 mendatang. 

"Insya Allah saya hadir,'' ujarnya ketika menerima panitia Mubes  IV IKMR usai sholat subuh di musholla rumah dinas Gubernur Sumbar di Padang, Kamis (04/11/2021).  

Panitia yang datang dari Pekanbaru yaitu Ketua panitia Marjoni Hendri, Sekretaris, Darmansyah Malik dan Ketua panitia pengarah, Fendri Jaswir. Sedangkan Gubernur Sumbar didampingi oleh Guswardi dan Irma, Kabag kantor penghubung.  

Mahyeldi berterima kasih dan memberikan apresiasi atas undangan IKMR Provinsi Riau. Untuk itu, pihaknya akan memanfaatkan  kunjungan tersebut sebaik mungkin. 

 ''Selain silaturrahim, saya akan menyampaikan sejumlah program pembangunan Sumatera Barat," katanya.  

Gubernur Sumbar juga akan memprogramkan bertemu dengan Gubernur Riau Syamsuar untuk membahas kelanjutan program kerjasama. Misalnya, pembangunan jalan dari Rohul ke Pasaman dan pembangunan tol Pekanbaru-Padang. Mahyeldi langsung menelepon Sekdanya untuk mengatur jadwal.  

Ketua panitia Marjoni Hendri mengatakan selain mengharapkan kehadiran Gubernur Sumbar, juga mengharapkan kehadiran Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM). Sebab, LKAAM dan Lembaga Kerapatan Adat Melayu Riau (LAM) Riau lah yang menyepakati mengganti nama Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) jadi IKMR pada tahun 2000. 

Selain mengundang dua gubernur dan dua pucuk lembaga adat ini, menurut Marjoni, panitia juga mengundang paguyupan yang ada di Riau, Muspida dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPR). 

"Semangatnya adalah persatuan dan kesatuan diantarav masyarakat Riau yang heterogen.  

Ketua panitia pengarah Fendri Jaswir menyatakan Mubes IV IKMR Provinsi Riau mengambil tema ''Memperkokoh eksistensi, bersinergi melawan pandemi, membangkitkan ekonomi dan membangun negeri.'' 

Tema ini relevan dengan kondisi sekarang dimana IKMR makin kokoh mempertahankan eksistensinya serta pandemi Covid 19 yang belum berhenti. 

''Ekonomi juga harus bangkit, sebagai warga IKMR banyak yang berdagang,'' ujarnya.  

Selain membuat program kerja, Mubes IV IKMR juga akan menelorkan rekomendasi menyangkut penanganan Covid, peningkatan ekonomi, politik daerah, dan penegakan hukum terutama good goverment. Juga akan ada rekomendasi soal internal seperti mars dan hymne IKMR, dan penegasan IKMR sebagai Ormas yang telah berumur 52 tahun. (Red/Brt)
Baca Juga