-->
Type Here to Get Search Results !

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Inhu Kebanjiran

Fhoto: Banjir di Kabupaten Inhu Riau.
PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mulai tergenang banjir.

Bahkan air sungai Indragiri juga mulai naik menggenangi badan jalan. 

Banjir yang mulai menggenangi sejumlah wilayah di Inhu seiring tingginya curah hujan yang terjadi di Inhu. Begitu disampaikan Ergusfian Kalaksa KPBD Inhu, Kamis (04/11/21).

"Berdasarkan pantauan di lapangan yang kita dilakukan anggota Satgas KPBD Inhu, diketahui ada beberapa titik di Kecamatan Peranap dan Kelayang yang mulai tergenang banjir," ujarnya.

Diungkapkanya, beberapa wilayah di Kecamatan Peranap yang terpantau sudah mulai tergenang banjir adalah di Desa Setako Raya. Dimana rata-rata halaman rumah warga sudah di genangi banjir termasuk akses jalan. Hingga mengganggu aktivitas warga.

"Selain di Kecamatan Peranap yang sudah mulai tergenang banjir, di Kecamatan Kelayang juga kondisinya sama, dimana banjir juga sudah menggenangi akses jalan Kota Medan menuju Desa Sengkilo. Hingga mengganggu aktivitas warga," ungkapnya.

Ditambahkan Ergusfian, tingginya curah hujan yang turun di Inhu beberapa hari terakhir ini juga berdampak pada kondisi air Sungai Indragiri yang mulai mengalami peningkatan dari sebelumnya.

"Dari pantauan alat ukur manual yang ada di kota Rengat, diketahui mulai ada peningkatan ketinggian air permukaan Sungai Indragiri, sore ini tercatat 5,62 cm mengalami kenaikan 34 cm dari sebelumnya yang hanya 5,28 cm," jelasnya.

Mengantisipasi kenaikan air Sungai Indragiri akibat dampak dari tingginya curah hujan yang terjadi di Inhu, selain meyiagakan personil Satgas KPBD Inhu beserta peralatan pendukungnya. Ergusfian juga mengimbau kepada warga Inhu yang bermukim di pingghir Sungai Indragiri, agar selalu waspada dan segera menghubungi KPBD Inhu bila membutuhkan pertolongan.

"Kami minta agar warga yang bermukim di pinggir Sungai Indragiri agar selalu waspada, karena melihat kondisi saat ini ada potensi kenaikan air Sungai Indragiri. KPBD Inhu terus siaga selama 24 jam terutama Posko pemantauan dan Posko utama di Kantor KPBD Inhu Pematang Reba, begitu juga aplikasi si-Atan Beda. Silahkan warga menghubungi kami bila membutuhkan pertolongan," tegasnya. (Red/Brt)
Baca Juga