-->
Type Here to Get Search Results !

BPJS Kesehatan Dumai Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Bencana Banjir di Kelurahan Bumi Ayu

DUMAI (AktualBersuara.Com) - BPJS Kesehatan Cabang Dumai memberikan bantuan bencana banjir yang melanda di Kota Dumai sebagai bentuk memenuhi tanggung jawab sosial organisasi terhadap lingkungan. 

Bencana banjir yang terjadi di Kota Dumai ini disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi beberapa minggu belakangan ini. 

Dari tujuh Kecamatan yang ada di Kota Dumai tiga Kecamatan yang paling terparah terendam banjir yaitu Kecamatan Dumai Kota, Kecamatan Bukit Datuk dan Kecamatan Dumai Selatan, dari ketiga Kecamatan tersebut yang paling terparah lagi adalah Kecamatan Dumai Selatan tepatnya di Kelurahan Bumi Ayu.

Dari hasil survey tim yang langsung turun kelokasi banjir batas tertinggi air yang menggenangi di kawasan Kelurahan Bumi Ayu mencapai ketinggian sebatas dada orang dewasa atau lebih kurang satu meter. 

Ketua RT.01 Kelurahan Bumi Ayu Irawan mengatakan ada sekitar empat ratus rumah yang terimbas akibat bencana banjir tersebut namun yang paling terparah tiga ratusan rumah yang benar-benar rata air masuk kedalam hingga setinggi lutut dan dada orang dewasa.

“Ini yang paling terparah sejak banjir besar yang pernah terjadi sekitar tahun 1990. Kondisi ini benar-benar membuat masyarakat kebingungan dan tidak tahu lagi harus berbuat apa, kalau harta benda mungkin seperti barang perhiasan, uang ataupun kendaraan masih sempat diselamatkan namun kalau perabotan rumah tangga sudah pasti rusak dan hancur terendam air,” terang Irawan.

Irawan mengatakan, bagi masyarakat yang mempunyai keluarga di daerah yang tidak terkena banjir masih bisa mengungsi ke rumah keluarganya, namun bagi yang tidak memiliki keluarga terpaksa mengungsi di tenda-tenda darurat yang disiapkan BPBD maupun dari RT dan Kelurahan.

“Kami bersama masyarakat berinisiatif dan saling bergotong-royong mendirikan tenda-tenda darurat dan dapur umum, yang penting bagaimana masyarakat yang tertimpa musibah ini bisa segera kita selamatkan terutama bagi lansia, ibu-ibu dan anak-anak,” ungkap Irawan.

Diketahui terjadinya bencana banjir di Kelurahan Bumi Ayu tersebut sejak tanggal 27 Oktober 2021 sudah menelan 1 orang korban anak-anak berusia sekitar sebelas tahun yang hanyut terbawa arus.  

Sampai dengan tim BPJS Kesehatan Cabang Dumai menyerahkan bantuan di lokasi terlihat air masih menggenangi di ruas jalan pemukiman masyarakat.

“Saya sebagai masyarakat sekaligus ketua RT.01 di Kelurahan Bumi Ayu ini mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian dan bantuan yang diberikan BPJS Kesehatan. Bantuan yang diberikan berupa sembako ini saat ini benar-benar sangat dibutuhkan masyarakat, masyarakat yang terdampak bencana banjir ini tidak bisa beraktifitas, apalagi sebagian masyarakat di sini ada yang punya usaha ternak ataupun tambak ikan, habislah semua terbawa banjir,” kata Irawan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai Harie Wibhawa yang langsung menyerahkan bantuan kepada Ketua RT.01 Kelurahan Bumi Ayu mengatakan, agar tetap bersabar dalam menghadapi ujian yang diberikan yang Maha Kuasa ini dan mendoakan agar bencana banjir ini segera berlalu dan masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala.

Program Organization Social Responsibility (OSR) sendiri tersebut ditujukan dalam bentuk kegiatan sosial, seperti tanggap pendidikan, tanggap bencana alam, tanggap kesejahteraan sosial, tanggap kerohanian/keagamaan dan lain sebagainya yang secara berkesinambungan dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan sebagai bentuk peduli terhadap tempat-tempat yang masih membutuhkan bantuan. (Red/Brt)
Baca Juga