-->
Type Here to Get Search Results !

Pembukaan Riau Prov-CSIRT di Pekanbaru, Ini Sambutan Wagubri dan Kepala BSSN

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution dalam sambutannya menyampaikan bahwa di zaman modern seperti sekarang ini dengan era digitalnya semakin memudahkan manusia untuk melakukan aktivitas sehingga pekerjaan semakin mudah.

"Disamping itu dengan era digital semakin berkembang pula kejahatan melalui dunia digital atau dunia maya. Dengan adanya kejahatan Siber data yang dikelola Pemerintah dapat dibocorkan, sehingga dapat merugikan si pengelola data tersebut," ujar Wagubri saat acara Pembukaan (Launching) Riau Prov-CSIRT (Computer Securty Incident Respon Team) yang ditaja Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Senin (25/10/2021) yang dipusatkan di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru. 

Dirinya sangat menyambut baik peluncuran Riau Prov-CSIRT, program ini dapat meminimalisir adanya kebocoran e-government dan SPBE ditingkat daerah maupun pusat dapat terlindungi dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan memanfaatkan untuk kepentingan sendiri atau publik. 

"Keamanan informasi e-government dan SPBE merupakan sasaran utama serangan Siber, dampaknya sangat merugikan dalam pelayanan informasi akan terganggu dan tentunya kredibilitas layanan pemerintah jadi menurun. Kita semua dituntut untuk mampu menginvetarisir seluruh permasalahan yang terjadi di lingkungan pemerintah," Sebut mantan Danrem 031 Wira Bima Pekanbaru.

Sementara itu, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Letjen TNI Purn.  Hinsa Siburian mengungkapkan dengan dibentuknya dan dilaunchingnya Riau Prov-CSIRT, Badan Siber dan Sandi Negara sangat mendukung penuh dibentuknya Riau Prov-CSIRT, tim ini sangat membantu Badan Siber dan Sandi Negara. 

“Dengan dibentuknya Riau Prov-CSIRT di provinsi Riau, Badan Siber dan Sandi nlNegara sangat terbantukan, untuk meminimalisir adanya serangan Siber harus ada pihak daerah yang terlebih dahulu untuk mencegahnya, sehingga tidak terjadinya perluasan Siber hingga keseluruh Negeri," bebernya.

Ditambahkannya dirinya merasa yakin tim RiauProv-CSIRTdapat bekerja maksimal, dan dapat membantu Pemerintah pusat dalam mencegah kejahatan Siber yang dapat merusak tatanan informasi di Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam amanatnya pernah menyampaikan agar seluruh kita waspada akan kejahatan Siber, kejahatan penyalahgunaan data, dan Presiden Republik Indonesia itu juga mengatakan kita harus siap menghadapi perang Siber. (Red/Rio)
Baca Juga