-->
Type Here to Get Search Results !

Dapat Manfaat Program JKN-KIS, Single Parent di Dumai ini Bersyukur

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Heppi Marintan Tampubolon (40), ibu yang single parent ini terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBD Kota Dumai. Ia dan anaknya terdaftar di Puskesmas Bumi Ayu sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamanya (FKTP).

Saat dijumpai Epi begitu biasa ia disapa sedang berkunjung ke Puskesmas Bumi Ayu untuk melanjutkan rujukannya ke Poly Obgyn di RSUD Kota Dumai.

“Sudah hampir dua tahun ini saya menderita Kista, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter areanya disekitar rahim saya, tapi sejauh ini masih dilakukan therapy dengan obat-obatan belum ada anjuran dokter untuk dilakukan operasi,” katanya.

Epi menjelaskan menerima kartu KIS dari pihak pemerintah melalui aparat Desa tempat tinggalnya.

"Saya bersyukur memiliki kartu KIS ini, lepas satu beban hidup saya, ngerti sendirilah saya ini orangtua tunggal saya juga ayah saya juga ibu, artinya saya juga harus memikirkan untuk mencari nafkaf dan biaya hidup keluarga saya terutama biaya pendidikan anak saya, suami saya sudah lama meninggal, anak saya cuma satu saya inginya kelak ia berhasil jadi orang yang berguna,”pungkasnya.

Epi juga menceritakan pengalamannya. “Pada tahun 2017 silam saya pernah dirawat di RSUD Dumai ketika itu saya menderita demam berdarah (DBD), sempat satu minggu juga saya dirawat di rumah sakit, tapi untunglah ada kartu KIS ini sehingga seluruh biaya perawatan saya dijamin,” kenang Epi sambil menunjukkan kartu KIS miliknya.

Seperti yang kita ketahui program JKN-KIS memberikan banyak sekali manfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat yang kurang mampu, apalagi seperti sekarang ini hampir seluruh masyarakat terkena dampak ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

“Saya sangat bersyukur bisa menjadi peserta program JKN-KIS, apalagi kondisi seperti sekarang  dimana Pandemi Covid benar-benar membatasi ruang gerak sehingga rasanya semakin sulit untuk berusaha, syukurlah program JKN-KIS ini bisa membantu meringankan beban ekonomi keluarga saya,” tutupnya. (Red/Brt)
Baca Juga