-->
Type Here to Get Search Results !

Launching Aplikasi e-Money, Walikota: Tingkatkan PAD Dumai dan Penerimaan Retribusi Parkir Efisien dan Terarah

DUMAI (AktualBersuara.Com) - Walikota Dumai, H. Paisal SKM, MARS menghadiri agenda Launching Aplikasi e-mOney/E-SMART Retribusi Tempat Parkir Khusus Kota Dumai, bertempat di Eks Terminal Barang, Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Bukit Kapur, Rabu (01/09/2021). 

Penggunaan aplikasi e-money ini bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mempermudah proses penerimaan retribusi parkir yang efektif, efisien, serta terarah sehingga mencegah terjadinya kebocoran retribusi parkir khusus. 

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) dalam laporan menyampaikan, pemungutan retribusi tempat khusus parkir secara non tunai atau e-money berdasarkan pada Perwa No. 25 Tahun 2021 Tentang Penunjukan Pelaksanaan Perda No. 7 Tahun 2014. 

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Perhubungan Kota Dumai juga telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Bank Riau Kepri (BRK) dan Bank Mandiri pada hari Jumat, pada tanggal 27 Agustus lalu. 

"Untuk tempat pelaksanaan pemungutan retribusi non tunai dilaksanakan di 4 tempat, yaitu  Tempat Khusus Parkir (Eks Terminal Barang) Kota Dumai, Pos Pemungutan Retribusi Bukit Timah, Pos Checking Bukit Timah, dan Pos Pemungutan Retribusi Rawa Panjang, Kecamatan Bukit Kayu Kapur," ucapnya. 

Dalam sambutannya, Walikota Dumai mengapresiasi Dishub Kota Dumai sebagai user sekaligus operator Pembayaran Non-Tunai/E-Money Retribusi Tempat Parkir Khusus, serta sebagai OPD pelaksana terkait Perjanjian Kerja Sama Sistem Pembayaran Elektronik Menggunakan Kartu E-Money BRK Dan/Atau Kartu Mandiri E-Money. 

"Apresiasi perlu juga kita sampaikan kepada Bagian Kerja Sama Setdako Dumai sebagai bagian yang memfasilitasi dan administrator seluruh kerja sama yang dilaksanakan oleh OPD dengan pihak ketiga," ucapnya. 

Beliau mengungkapkan, selama ini pemungutan retribusi secara manual dirasa kurang efektif, dan bahkan sangat rawan kecolongan sehingga tidak memberikan gambaran sesungguhnya hasil pungutan PAD yang disetor ke kas daerah. 

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, hari ini kita luncurkan metode pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu e-money dimana pengguna jasa tidak perlu melakukan transaksi konvensional. Cukup tempelkan kartu, transaksi langsung di record di rekening kas daerah," pungkasnya. 

Terkait penerapan e-money, beliau mengatakan bahwa sebaik apapun aplikasi yang dibuat, secanggih apapun IT terpasang tetap saja operator berperan penting. 

"Kepada Dishub, kami tekankan untuk memberikan pengertian kepada petugas dilapangan tentang pentingnya kejujuran. Untuk memajukan Kota Dumai, mari bekerja cerdas, tuntas dan ikhlas," pungkasnya. 

Turut hadir dalam kesempatan ini, Forkopimda Kota Dumai, Direksi Bank Riau Kepri, Kadishub Provinsi Riau, Kepala BPTD Wilayah IV Riau Kepri, Inspektur Kota Dumai atau yang mewakili, Kepala OPD terkait dilingkup Pemko Dumai, serta Pimpinan Perusahaan CPO dan Perusahaan Transportasi atau yang mewakili.(Red/Brt)
Baca Juga