Type Here to Get Search Results !

Pemuda dan Mahasiswa Riau di Jakarta Harap Alih Kelola Blok Rokan Bisa Sejahterakan Masyarakat Riau

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Mantan ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Riau (Hipemari) Jakarta, Riski Beradat, meminta kepada PT Pertamina agar memperhatikan tenaga kerja lokal. Sebab ada banyak putra putri Riau yang berkompeten dibidang perminyakan dan dibidang lainya. 

"Sudah sepatutnya dan saatnya putra-putri asli anak riau menikmati dari hasil bumi kelahirannya sendiri dan masyarakat riau merasakan kesejahteraan kembalinya blok Rokan," kata Riski yang juga aktivis mahasiswa fakultas hukum Universitas Trisakti ini, Senin (9/8/2021). 

Hal tersebut disampaikan Riski seiring dengan resminya alih kelola blok rokan dari Chevron ke PT Pertamina bertepatan pada peringatan HUT Provinsi Riau ke-64 9 Agustus 2021. 

Riski mengatakan, pihaknya dari perwakilan ketua setiap provinsi mahasiswa riau se-Indonesia sudah melakukan konsolidasi dan diskusi internal mengenai dinamika blok rokan jauh hari. Menurut Riski saat ini sudah tiba momentum yang tepat bagi provinsi riau bisa mendapatkan hak nya di blok Rokan.

"Jangan sampai bertukarnya dari Chevron ke Pertamina ini hanya seremonial saja. Faktanya belum bisa dinikmati secara merata oleh masyarakat Riau terutama masyarakat di wilayah penghasil dan sekitar wilayah pertambangan," katanya.

Menurut keterangan Riski, sejak berproduksi pertama kali pada 1951, Blok Rokan merupakan salah satu wilayah kerja strategis yang telah menghasilkan 11,69 miliar barel minyak hingga saat ini. 

Blok Rokan pernah mencetak produksi tertinggi menyentuh angka hampir 1 juta barel per hari pada Mei 1973, Kini pemerintah menyerahkan pengelolaan Blok Rokan ke pertamina untuk jangka waktu 20 tahun ke depan.

"Saat ini wilayah kerja tersebut menghasilkan sekitar 165.000 barrel minyak per hari atau sekitar 24 persen produksi minyak nasional dan sebelumnya provinsi riau dimana hampir 51,5 persen cadangan minyak nasional ada di tanah Melayu Riau," kata Riski.(Red/Pas)
Baca Juga

Below Post Ad