Type Here to Get Search Results !

Hadir Mengelola Blok Rokan, Dirut PHR Didoakan Secara Adat Sakai

DURI (AktualBersuara.Com) - Hadir mengelola blok Rokan atau WK Rokan, pucuk pimpinan PT Pertamina Hulu Rokan Jaffe A Suardin ditepuk tepung tawar dan didoakan dengan ritual adat suku Sakai.

Suku Sakai sendiri merupakan salah satu penduduk asli Riau yang sudah lama tinggal dan menetap. Wilayah bermukimnya juga meliputi kawasan operasi blok Rokan tersebut.

Prosesi adat itu dilaksanakan di Rumah Adat Suku Sakai, Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis.

Selain Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Hulu Rokan Jaffe A Suardin, Bupati Bengkalis Kasmarni juga mendampingi prosesi adat tepuk tepung tawar tersebut.

Hal ini sebagai ungkapan doa dan penghormatan dari Masyarakat Suku Sakai yang diwakili oleh Lembaga Adat Melayu Riau Bathin 8 dan 5 Sakai, Kamis (26/8/2021) sore.

Kehadiran Bupati dan Dirut PT PHR diawali dari penyambutan dengan tarian porang suku sakai diiringi gendang odok oleh masyarakat Sakai yang terlihat kompak dan antusias menunggu kehadiran kedua tokoh ini. Mereka mengenakan pakaian adat yang terbuat dari kulit kayu hutan.

Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi Tepuk Tepung Tawar dari Bathin 8 dan 5 yang dimulai dengan tokoh masyarakat Sakai M Yatim. Prosesi ini dilaksanakan di dalam gedung rumah adat itu.

Lalu juga diikuti Kepala Suku Sakai 8 dan 5 Datuk Amat, Sesepuh dan Cendekiawan Suku Sakai (Bathin Togonong) Muhammad Agar Kalipke, Kepala Suku Sakai Bathin Minas (Saibulan) Muhammad Bosu dan Kepala Suku Sakai Sobanga (Iyo Bangso) Muhammad Nasir.

Atas hal ini, Bupati Bengkalis Kasmarni merasa bangga dengan sambutan masyarakat melayu Sakai kepada Direktur PT. PHR dan rombongan di Bumi Melayu.

Menurut Kasmarni, tradisi adat melayu tepuk tepung tawar ini merupakan ungkapan rasa gembira dan ucapan syukur serta do’a restu yang diberikan baik keselamatan, keberkahan, kedamaian.

"Serta kesuksesan dalam menjalankan aktivitas operasional serta produksinya, untuk terus bergerak maju, demi negara, bangsa, daerah dan masyarakat," kata Kasmarni.

Menurutnya, ada dua nilai yang terdapat dalam tradisi tersebut yang diberikan kepada PT. PHR yakni "Tuah dan Amanah". Tuah dalam artian masyarakat melayu Sakai senantiasa berdo’a agar PT. PHR terus mendapatkan keberuntungan berdasarkan pertolongan Allah SWT.

Sedangkan amanah dalam artian masyarakat Sakai sangat meyakini bahwa keberadaan PT. PHR dalam pengelolaan blok rokan, merupakan aset berharga yang harus senantiasa dijaga serta dilindungi keberadaannya secara bersama-sama.

Kasmarni juga berharap, PT PHR dapat memberikan kontribusi kepada daerah ini, khususnya kepada masyarakat suku sakai. Baik itu melalui CSR, beasiswa pendidikan atau pekerjaan.

"Mungkin tidak dapat memegang jabatan yang eksekutif, menjadi karyawan biasa pun jadilah, sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya,” harap Kasmarni.

Sementara itu, Dirut PT PHR Jaffe A Suardin mengaku terkesan atas sambut yang luar biasa dari masyarakat Suku Sakai. Dan ia berupaya akan memberikan perhatian kepada Suku Sakai dan masyarakat lainnya lewat program-program sosial di Pertamina.

Pihaknya juga mengajak masyarakat Suku Sakai untuk bersama berkolaborasi mendukung program yang akan kami laksanakan. Karena mulai dari hari Senin (9/8/2021) kemarin, PT PHR sudah beroperasi di Bumi Melayu ini.

"Alhamdulillah kami mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat khusunya masyarakat Suku Sakai. Kami yakin dengan adanya dukungan ini kita akan menghasilkan sesuatu yang akan bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Jaffe.

Dalam prosesi mendoa secara adat Sakai tersebut, turut disaksikan Kepala Suku Sakai Bumbung Abdul Rahman, Kepala Suku Sakai Bathin Singomajo Lijal, Kepala Suku Sakai Bromban Sri Pauh Agusman JS, Kepala Suku Sakai Bathin Bolutu Bahtiar, Kepala Suku Sakai Bromban Potani Buqhori.

Serta, Kepala Suku Sakai Bathin Semunai Asnerudin, Kepala Suku Sakai Sutan Botuah Kiri, Kepala Suku Sakai Bathin Ponaso Bosniar, Kepala Suku Sakai Bathin Bringin Sakai Ridwan dan Tungkek Bathin Betuah Muhammad Rajin.(Red/Pas)
Baca Juga

Below Post Ad