-->
Type Here to Get Search Results !

Masyarakat Riau Gelar Aksi Bebaskan Palestina, Teriakan Israel Teroris Menggema

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Ratusan masyarakat Riau menggelar aksi damai yang dikomandoi GMMK (Gerakan Masyarakat Menuntut Keadilan), Jum'at (21/5/21). 

Sekitar pukul 13.30 WIB massa aksi mulai bergerak dari masjid Nurul Fallah Darul Muttaqin menuju Tugu Perjuangan Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Beberapa spanduk betuliskan Masyarakat Riau Peduli Palestina/Gaza tampak terbentang, serta berbagai poster tulisan lainnya, seperti Pray for Palestine, Free Palestine, Save Gaza dan lainnya. 

Masa aksi meneriakkan yel-yel “Israel israel, Teroris Teroris Teroris” diiringi pekikkan takbir, yang dikomandoi Korlap aksi. 

Ketua GMMK dalam orasinya menyampaikan bahwa aksi tersebut merupakan bentuk empati kepada negara dan masyarakat Palestina atas penjajahan dan kekejaman yang dilakukan zionis Israel. 

"Penjajahan yang dilakukan zionis Israel tidak bisa dibenarkan oleh bangsa manapun, apalagi kita bangsa Indonesia. Kita marah ketika melihat zionis Israel menginjakkan kakinya dengan sepatunya di dalam Masjid Al-Aqsa dan membantai umat Islam yang sedang beribadah. Maka mari kita Do'akan agar Palestina segera merdeka," katanya.

Dirinya juga mengingatkan kepada peserta aksi agar tetap menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan. 

Orasi juga disampaikan oleh beberapa Ormas, seperti dari Komite Nasional untuk Rakyat Palestina oleh Ust Royan Syahfitra, Aktifis Dakwah Riau Ustadz DR Jon Pamil MA, Perwakilan Mitra Sunda Riau (Misuri) Fari Suraji, Forum Ormas Islam dan dan Pondok Pesantren (Foristren) Riau yang disampaikan oleh Buya Ramli abdul Wahid, kemudian orasi dari Matlaul Anwar Riau Sofyan Hadi, dan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Riau bapak Aziz/Taslim. 

Pada aksi tersebut juga dilakukan pembacaan puisi karya Helvy Tiana Rosa oleh Mujahidah GMKK yang dibacakan Bunda Maria dan kawan kawan. Serta lelang Syal Palestina, yang hasilnya didonasikan untuk rakyat Palestina.(Red/Brt)
Baca Juga