Type Here to Get Search Results !

Dibina Pemerintah dan BSN, Alat Panen Sawit Made in Riau Miliki Label SNI

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Industri Kecil Menengah (IKM) dari Riau berhasil meraih prestasi. Dengan didukung oleh pihak pemerintah dan pendampingan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN), IKM yang bergerak di bidang penyediaan alat memanen sawit, berupa dodos dan egrek mendapatkan label SNI.

Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki lahan sawit yang cukup luas di Indonesia. Tentunya kelapa sawit menjadi komoditas unggulan eskpor pertanian di wilayah tersebut.

Potensi lahan sawit yang cukup luas tersebut memunculkan para IKM pandai besi di Provinsi Riau yang bergerak kreatif dalam pembuatan alat pemanen. Alat pemanen sawit yang berkualitas dan berstandar sangat dibutuhkan bagi perusahaan-perusahaan sawit yang ada di Provinsi Riau untuk mendapatkan kualitas produk yang baik. 

Adapun alat pemanen yang sering dibutuhkan anatara lain Dodos dan Egrek. Dodos dan Egrek tadi merupakan alat panen sawit konvensional dan menjadi komoditas unggulan di Provinsi Riau. 

Dalam mendukung komoditas unggulan tersebut, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Provinsi Riau menggandeng Badan Standardisasi Nasional melalui Kantor Layanan Teknis BSN Riau melakukan pembinaan kepada IKM Pandai Besi Rumbio Jaya Steel.

Hasil dari pembinaan tersebut Rumbio Jaya Steel telah berhasil memperoleh sertifikat SNI untuk produk Dodos.

Keberhasilan ini membuat Dodos yang diproduksi oleh Rumbio Jaya Steel menjadi produk Dodos ber-SNI Pertama di Indonesia.

Bukan hanya itu, untuk produk Egrek yang diproduksi Rumbio Jaya Steel juga telah memperoleh sertifikat SNI.

Kepala Dinas Perindagkop UKM, Asrizal, menyampaikan bahwa dengan berhasilnya Dodos dan Egrek di Provinsi Riau memperoleh sertifikat SNI menunjukkan bahwa IKM di Provinsi Riau dapat bersaing secara Nasional maupun Internasional.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada KLT BSN Riau atas program fasilitasi kepada IKM di Provinsi Riau dan diharapkan ini menjadi role model penerapan SNI di IKM.

Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Riau, Juanda, menyampaikan bahwa komitmen yang ditunjukkan Rumbio Jaya Steel selama proses pengurusan sertifikasi SNI ke LsPro BBLM dari tahun 2020 menjadikan produk Dodos sebagai yang pertama  bersertifikat SNI.

"Penggunaan logo SNI pada kemasan menjadi jaminan bagi konsumen bahwa produk yang dihasilkan memiliki mutu sesuai standar SNI," kata Juanda.

Ketua Rumbi Jaya Steel, Sahliar, menyampaikan ucapan terima kasih kepada KLT BSN Riau yang telah membantu dan memfasilitasi proses sertifikasi SNI.

"Dengan adanya pembinaan dan pendampingan dari Dinas Perindagkop UKM dan BSN, alhamdulillah semua persyaratan dan prosedur untuk mendapatkan logo SNI dapat kami penuhi," ungkapnya.

Rumbio Jaya Steel berkomitmen menyediakan produk Dodos dan Egrek yang berkualitas dan terstandar, sebagai jaminan kepuasan konsumen.

"Dengan adanya penggunaan label berSNI dapat memberikan kepercayaan dan keyakinan konsumen atas kualitas dodos dan egrek," tuturnya.(Red/Pas)
Baca Juga

Below Post Ad