Type Here to Get Search Results !

Pengembangan Pariwisata Bengkalis, H. Adri: Kita Butuh Arahan dari Pusat

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) -  Pansus Rencana Induk Pengembangan Pariwisata DPRD Kabupaten Bengkalis melakukan rapat konsultasi melalui video conference dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait Rancangan Peraturan Daerah Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Bengkalis, Selasa (23/3/22). Rapat konsultasi itu dilakukan bersama Ramlan Kamarullah, Koordinator Pengembangan Destinasi Level I Area II yang meliputi Kepri, Riau, Lampung, Sulsel, dan Bangka Belitung.

Ketua Pansus H. Adri saat membuka pertemuan mengatakan, dalam rangka pembentukan Ranperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan, sudah dilakukan tahap-tahap penyusunan dan konsultasi ke daerah-daerah lain untuk mendapatkan informasi dan perbandingan terkait pariwisata yang ada di daerah. Tetapi Kabupaten juga membutuhkan arahan dari Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan pariwisata Kabupaten Bengkalis.

Selain itu, Rupat sebagai kawasan pariwisata memiliki akses jalan yang kurang baik, sehingga perlu ada strategi-strategi kedepannya dalam memudahkan akses masyarakat untuk bisa menuju destinasi wisata tersebut, apabila dibebankan dengan APBD maka akan sangat memberatkan.

Sementara, menurut anggota Pansus Fery Situmeang dari Dapil Rupat mengatakan, gaung Rupat sudah sampai internasional, namun dipelaksanaannya masih sangat kurang. Jika Rupat bisa menjadi destinasi wisata dalam membantu Bengkalis, ia meminta arahan langkah konkrit apa yang bisa dilakukan agar destinasi Rupat bisa tersentuh pembangunan infrastruktur.

“Dimohon petunjuk agar dapat membantu OPD-OPD terkait dalam melaksanakan pembangunan di Rupat,” terang Fery.

Ramlan Kamarullah menyampaikan dalam rangka pengembangan pariwisata di daerah, masing-masing daerah harus membuat rencana induk dari mulai nasional, provinsi hingga kabupaten/kota dan langkah Kabupaten Bengkalis dalam membuat Ranperda merupakan langkah baik karena hal ini menjadi dasar bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Bengkalis.

“Inilah perlunya kolaborasi antara stakeholder daerah dan pusat, Kabupaten Bengkalis bisa melakukan komunikasi dan koordinasi dengan provinsi agar destinasi wisata yang dimaksud menjadi pengungkit untuk menjadi destinasi pengembangan.”

Selaku koordinator pengembangan destinasi, ia mengarahkan agar Kabupaten Bengkalis melakukan gerakan-gerakan yang bisa menarik perhatian sehingga dapat dilihat oleh pusat maupun provinsi agar dapat ditindaklanjuti.

“Kepulauan Riau bisa dijadikan destinasi pengembangan pariwisata prioritas melalui aspirasi dari anggota DPR perwakilan daerah dan diperjuangkan di Banggar,” ungkapnya.

H. Adri beserta anggota Pansus yang hadir berterima kasih atas arahan yang disampaikan oleh Ramlan Kamarullah dari Kementerian. Arahan tersebut akan ditindaklanjuti di daerah dan berkolaborasi bersama Provinsi serta memfollow up langsung ke anggota DPR RI Dapil Riau.**
Baca Juga

Below Post Ad