-->
Type Here to Get Search Results !

Dora Salfia Senang Menjadi Kader JKN-KIS

BENGKALIS (AktualBersuara.Com) - Dora Salfia seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Bengkalis merasa senang menjadi kader Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS kesehatan.

Hampir disetiap waktu luangnya selalu mensosialisasikan manfaat BPJS kesehatan kepada masyarakat di wilayah binaannya, Kecamatan Mandau (Kelurahan Pematang Pudu, Duri Barat dan Balik Alam).

Perempuan 36 tahun ini mengaku sangat senang dan bersyukur 1sebagai mitra BPJS Kesehatan. Soalnya, selaku Kader JKN-KIS hampir saban hari berinteraksi dengan masyarakat terkait hak dan tanggung jawab masyarakat selaku peserta.

Menurutnya, sebagai seorang Kader JKN dirinya turut membantu negara dalam mensosialisasikan pola hidup sehat kepada rakyat. Selain itu, bisa bersilaturahmi dengan banyak orang merupakan kepuasan tersendiri.
"Tidak hanya itu saya jadi memiliki aktifitas yang sangat positif untuk mengisi waktu luang saya,” ujarnya.

Dengan terusnya waktu berjalan, Dora begitu biasa ia disapa terus menjalin hubungan silaturahmi dan memperluas jejaring di lapangan baik dengan aparat pemerintah desa (mulai dari tingkat RT, RW, Kepala Desa/Kelurahan) bahkan sampai ke jenjang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis.

Dora mengaku tidak pernah lelah dalam memberikan informasi, melakukan edukasi terkait Program JKN-KIS dan tidak lupa pula menanyakan masalah dan keluhan peserta, karena kebanyakan peserta yang tidak ingin membayar iuran karena mengeluhkan pelayanan fasilitas kesehatan.

Dora mencoba menjelaskan alur dan proses pelayanan pada fasilitas kesehatan satu per satu, sehingga mereka mengerti dan bisa tergerak hati untuk membayar iuran.

Selain bisa bersilaturrahmi dengan masyarakat banyak juga hal-hal baru yang dialami Dora Salfia selama menjadi Kader JKN.

"Saya yakin dan percaya semua yang terbaik pasti akan kembali juga ke saya,” kata dia.

Semenjak berdiri BPJS Kesehatan terus memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang Program JKN-KIS. Salah satu ujung tombaknya adalah kader Jaminan Kesehatan Nasional (Kader JKN).

Keberadaan Kader JKN turut mendongkrak pengumpulan iuran yang berdampak kartu peserta yang aktif, memberikan edukasi berupa diskusi kepada Perangkat Desa/Kelurahan, Tokoh Masyarakat maupun dalam hal membantu proses pendaftaran masyarakat untuk menjadi peserta melalui kanal digital dengan mekanisme yang telah ditetapkan sesuai dengan prosedur.

Meski saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan bersama mitranya Kader JKN tetap menjalankan tugasnya untuk menyukseskan program negara yakni Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Red/Brt)
Baca Juga