Type Here to Get Search Results !

DLHK Riau Olah Sampah Organik Jadi Kompos Bernilai Ekonomis

PEKANBARU (AktualBersuara.Com) - Dalam rangka pemanfaatan sampah organik yang bersumber dari serasah di kawasan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim (SSH), Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Minas Tahura, Dinas LHK Riau mengelola sampah menjadi kompos yang bermanfaat secara ekonomi dan lingkungan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Mamun Murod, Kamis (01/04/21) usai launching produk petani hutan binaan KPH Minas Tahura.

Murod mengatakan, pembuatan kompos ini menjadi penting karena ada banyak sumber bahan baku yang melimpah kawasan KPH Minas Tahura.

"Bahan baku serasah ini bisa memberikan manfaat nilai tambah untuk lingkungan yang lebih baik. Dan ini juga bisa menjadi bahan pembelajaran masyarakat sekitar untuk memanfaatkan limbah organik, dan dimungkinkan menjadi sumber pupuk bagi  masyarakat," katanya.

Untuk tahap awal, lanjut Murod, sampah organik berupa serasah yang dikelola oleh Koperasi Tahura Sejahtera, dan kedepan akan direncanakan untuk bekerjasama dengan masyarakat setempat dalam pengelolaannya.

"Jadi pengelolaan serasah ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kebijakan pak Gubernur yaknu memwujudkan Riau Hijau," jelasnya.

Murod menambahkan, sedikitnya 2 ton kompos yang dipanen. Dan diyakini produktifitas bisa meningkat sehingga diharapkan bisa menjadi sumber pengadaan pupuk untuk masyarakat.(Red/Pas)
Baca Juga

Below Post Ad